Saturday, April 9, 2011

Manajemen Zakat Infak Sodaqoh Yayasan Zakaria

Manajemen Zakat Infak Sodaqoh (ZIS) Yayasan Sosial dan Pendidikan Zakaria Education Center
Bismillahirrohmaanirrohiim
(Dengan Menyebut Nama Alloh Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)

Assalamualaikum Wr.Wb

>> Ramadhan dan Keutamaan Zakat

Zakat Infak dan sodaqoh merupakan media pembersihan harta dan pensucian jiwa bagi orang beriman, yang memungkinkan mereka terbersih dari rodail-rodail dan belenggu-belenggu duniawiyah (Q.S 9:103). Di samping itu, secara sosial, zakat berfungsi sebagai bukti suci komitmen diri terhadap penegakan keadilan dan pembangunan umat islam (Q.S 9:60). Saking urgennya amaliah zakat , infak, dan sodaqoh ini, sampai-sampai Alloh menghardik orang yang mengabaikannya dengan mengingatkan kepada "orang-orang kafir yang dzolim" (Q.S 2:254) serta mengancamnya dengan siksa yang pedih(Q.S 9:34).
Di bulan Ramadhan ini , Zakat, Infak, dan Sodaqoh justru merupakan salah satu amalan utama yang memperoleh penekanan tersendiri. Rasululloh SAW bersabda : "Seutama-utama shodaqoh adalah shodaqoh di bulan Ramadhan." (HR. At Turmudzi)
Pengleuaran zakat di bulan ini dijanjikan Alloh dengan keutamaan dan pahala yang berlipat-lipat. Penunaian zakat dimaksud tentu tidak terbatas pada zakat fitrah semata, tapi juga zakat maal (harta) , zakat profesi (penghasilan), zakat perniagaan ,dsb. Demikianpun dengan infaq dan shodaqoh yang dijamin dengan pahala yang jauh berlipat-lipat dibanding infaq dan shodaqoh di bulan-bulan lainnya.

>> Mari Sukseskan Ramadhan

Kita tahu bahwa mukmin sejati adalah orang yang benar-benar yakin serta berpegang teguh pada kebenaran. Ketetapan Alloh dan Rosul-Nya akan melandasi setiap langkah perjalannya; pembenaran Alloh dan Rosul-Nya adalah indikator tunggal bagi kesuksesan hidupnya; sementara apa yang dijanjikan Alloh dan Rosul-Nya akan senantiasa menjadi dambaan serta prioritas pengejaran dirinya.
Manakala, atas qodho dan qodar Alloh SWT, kini kita hadirkan di Bulan Suci yang Agung ini; sungguh sangat naif dan merupakan kerugian sangat besar seandainya segala ketetapan, peluang dan jaminan dari Alloh Sang Maha Benar itu hanya kita sambut secara "apa adanya", terlebih-lebih bila kita abaikan begitu saja.
Dalam anugrah Ramadhan kali ini, mari kita buktikan keimanan kita di hadapan Alloh SWT dan Rosul-Nya. Mari kita kerahkan seluruh daya dan potensi demi terlaksananya selaksa aturan dan ketetapan Alloh SWT/ Mari kita berlomba merebut berbagai peluang serta jaminan yang telah Alloh janjikan; dengan memaksimalkan amalan shaum, amal soleh maupun pengeluah zakat infaq sodaqoh.

>> Penyaluran ZIS

Penyaluran ZIS Zakaria dilakukan sesuai peruntukkannya; dengan cara menyerahkan langsung kepada yang berhak menerimanya. Zakat fitrah, sesuai peruntukkannya, diberikan kepada para fuqoro dan masakin, sedangkan bentuk zakat yang lain, infak sodaqoh, dll, dapat disalurkan kepada delapan golongan : fakir, miskin, amilin, mu'alaf, sabilillah, ghorim, hamba sahaya, dan ibnu sabil.
Komunitas mustahik yang direncanakan menjadi target penyaluran ZIS Zakaria dikategorikan kepada 3 kriteria :
1) Komunitas mustahik merupakan dampingan langsung Yayasan.
2) Komunitas mustahik dari lembaga-lembaga layanan masyarakat yang mengajukan penyaluran ZIS kepada Yayasan.
3) Komunitas mustahik yang secara individu atau kelompok mengajukan penyaluran ZIS kepada Yayasan, khususnya di lingkup masyarakat terdekat.

Adapun bentuk-bentuk program penyaluran ZIS yang dicanangkan tahun ini antara lain :
A. Program Penyaluran Konsumtif
1. Buka shaum bersama, santunan romadhon dan paket lebaran untuk kalangan masyarakat
dhuafa
2. Buka shaum bersama, santunan romadhon dan paket lebaran untuk anak-anak jalanan
3. Buka shaum bersama, santunan romadhon dan paket lebaran untuk anak-anak yatim piatu
4. Santunan romadhon dan paket lebaran untuk orang-orang jompo
5. Santunan romadhon dan paket lebaran untuk kaum pemulung
6. Santunan romadhon dan paket lebaran untuk para pedagang kecil keliling
7. Penyaluran zakat fitrah kepada kalangan masyarakat dhuafa, anak-anak jalanan,
anak-anak yatim piatu, orang-orang jompo, dsb.

B. Program Penyaluran Non Konsumtif
1. Pendidikan kewirausahaan dan pemberian modal usaha kepada kelompom remaja mesjid,
remaja miskin putus sekolah dan keluarga miskin.
2. Subsidi kesehatan untuk masyarakat kurang mampu
3. Program orang tua asuh untuk anak-anak dari lingkungan keluarga miskin dan yatim piatu.

>> HARAPAN
Program manajemen ZIS ZAKARIA ini kami selenggarakan sebagai darma bakti kami ke hadirat Alloh SWT serta merupakan wujud komitmen kami atas kebaikan Islam dan Ummatul Muslimin. Kami mengetuk kesadaranBapak/Ibu/Saudara/Saudari, untuk berlomba-lomba mensukseskan program ini, demi optimalnya amalan kita di bulan Romadhon, demi optimalnya realisasi zakat, infak dan sodaqoh di kalangan Ummatul Muslimim.

Demikian kiranya informasi yang bisa saya sampaikan yang mana semuanya sesuai dengan brosur yang disebar,. semoga dengan adanya informasi ini bisa membuat anda terketuk hatinya untuk berzakat, berinfak dan bersodaqoh,,,

Kami tunggu partisipasi anda,,


Atas perhatian dan kepercayaan Bapak/Ibu /Saudara/saudari kami haturkan terima kasih.
Jazakumullah Khoiron Katsiron.